Anjing Mastiff Tibet

Anjing Mastiff Tibet

Daftaranjingsetia.web.id – Anjing dengan badan besar dan buluh lebat ini termaksut anjing terbesar dan berasal dari negara cina. Setiap orang memiliki selera berbeda untuk menentukan jenis anjing sebagai hewan peliharaan. Di Cina, orang lebih suka anjing pemburu Tibet daripada anjing peliharaan. Selain menjadi simbol status bagi pemiliknya, budaya setempat percaya bahwa anjing yang hebat ini membawa keberuntungan, kesehatan, dan keselamatan bagi pemiliknya.

Anjing-anjing ini pun dirawat dan diperlakukan dengan sangat baik. Bahkan bisa jadi dimanjakan dan diperlakukan seperti anak sendiri. Si pemilik rela mengeluarkan banyak uang untuk makanan, ke salon sampai ke dokter. Tak heran butuh uang banyak untuk bisa memelihara anjing.

Hanya saja, dari sekian banyak jenis anjing, manakah yang punya harga paling mahal? Mengutip Huffington Post, ras anjing yang paling mahal adalah jenis Red Tibetan Mastiff. Anjing ini tercatat pernah terjual dengan harga US$1,5 juta atau setara Rp20 miliar.

Red Tibetan Mastiff adalah anjing asli dari Himalaya. Anjing ini memiliki ukuran tubuh yang besar membuat anjing ini bisa melindungi ternak. Bukan cuma ternak, anjing ini juga bisa melindungi kota, orang-orang, termasuk keluarga kerajaan selama lebih dari 5000 tahun. Sesekali mereka digunakan sebagai anjing perang dan di beberapa daerah mereka juga disembah.

Anjing jening ini juga bisa berkembang biak dengan cepat. Anjing dengan tubuh besar ini juga merupakan nenek moyang anjing Saint Bernard, Great Dane dan anjing Newfoundland.

Ketika dewasa anjing Tibet Mastiff beratnya bisa mencapai 129 kg. Anjing ini membutuhkan halaman yang luas dan banyak latihan agar jadi lebih gesit. Dengan berat seperti ini, anjing tersebut pasti membutuhkan makanan yang banyak juga. Bayangkan saja berapa jumlah uang yang harus dikeluarkan untuk membeli makanannya?

1. Tibetan mastiff memiliki tubuh besar, berbulu tebal, dan berperawakan seperti singa. Spesies anjing yang hidup di Asia Tengah ini memiliki nama lain Do-Khyi. Saat ini keberadaan Tibetan Mastiff tergolong langka.

2. Tibetan Mastiff memiliki naluri sebagai anjing penjaga. Dahulu, anjing jenis ini biasa digunakan untuk menjaga berbagai properti.

Baca juga : Anjing Siberia Husky

3. Tibetan Mastiff merupakan anjing yang berani, tak kenal takut, tenang dan bijaksana. Sangat setia kepada tuannya.

4. Cenderung aktif di malam hari dan lebih banyak tidur di siang hari.

5. Memiliki keinginan yang kuat untuk menyenangkan pemiliknya.

6. Tibetan Mastiff memiliki tinggi 61-71cm dan berat 64-78kg, tetapi beberapa pemilik dari Eropa mengklaim anjing ini dapat memiliki berat hingga 220 pound (99 kg).

7. Tibetan Mastiff tidak terlalu aktif di dalam ruangan. Ia harus sesekali diajak jalan-jalan ke luar ruangan untuk memenuhi naluri migrasi mereka.

8. Tibetan Mastiff lebih senang berada di suhu yang dingin karena tidak suka udara yang panas dan lembab.

9. Tibetan Mastiff toleran terhadap anak-anak dan binatang piaraan lain.

10. Tibetan Mastiff rentan sakit. Daya tahan tubuhnya tidak sehebat tubuhnya yang besar.

Related posts