Beberapa Manfaat Memelihara Anjing Untuk Kesehatan

Beberapa Manfaat Memelihara Anjing Untuk Kesehatan

Daftaranjingsetia.web.id – Anjing dikenal sebagai sahabat manusia. Mereka lucu, setia, senang bermain, dan bisa menjaga rumah. Namun ternyata fungsi anjing sebagai peliharaan tak sekedar menjaga rumah Anda, tetapi juga menjaga kesehatan Anda. Tak percaya? Bagi kalian yang masih belum terlalu yakin, berikut dibawah ini akan kami bahas mengenai beberapa manfaat memelihara anjing untuk kesehatan yang harus kalian ketahui :

1. Anjing mengusir kesepian
Persahabatan yang dibangun dengan anjing memiliki efek terapi pada manusia. Saat merasa emosi dan depresi, hewan peliharaan bisa menyembuhkan dalam waktu singkat. Kasih tanpa syarat yang diberikan oleh peliharaan akan membuat Anda disayangi dan dicintai tanpa syarat. Seperti ketika Anda mengucapkan selamat tinggal saat berangkat kerja, dan tahu bahwa anjing akan menunggu sampai Anda pulang untuk menyambut.

2. Penyakit jantung
Allopathy mungkin akan mengecewakan, namun tidak dengan terapi yang diberikan hewan peliharaan. Dr Stephen Sinatra, seorang kardiolog dan ahli nutrisi, dalam bukunya “Heart Sense for Women” mengatakan bahwa pasien yang memiliki penyakit jantung bisa lemah karena kesedihan dan kesepian. Dalam bukunya Sinatra menemukan bahwa pasien penyakit jantung yang memiliki hewan peliharaan berkemungkinan untuk hidup lebih lama dibandingkan yang tidak. Anjing juga bisa mengurangi tekanan darah tinggi dan stres.

3. Memberikan keamanan secara psikologis
Kita sering disibukkan dengan pemikiran orang lain tentang kita. Namun hewan peliharaan tak akan pernah menghakimi perilaku kita. Ini menimbulkan rasa aman dan nyaman terhadap diri kita sendiri. Herbert Nieburg, seorang psikologi dari Connecticut mengatakan bahwa memiliki hewan peliharaan bisa bermanfaat secara psikologis.

Baca Juga : Beberapa Manfaat Sehat Memelihara Anjing

4. Melatih rasa tanggung jawab
Penelitian menunjukkan bahwa pasangan yang belum memiliki anak seringkali memilih mengadopsi anjing untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab. Dr Rima Sehgal, psikolog dan konselor mengatakan bahwa hewan peliharaan di rumah memberikan suasana yang sehat dna membuat Anda belajar memelihara serta bertanggung jawab.

5. Belajar toleransi
Selain membuat Anda lebih bertanggung jawab, anjing juga memiliki efek menenangkan pada Anda. Merawat anjing akan menumbuhkan rasa kasih sayang dan toleransi pada pemiliknya.

Itulah lima manfaat memelihara anjing untuk fisik dan mental. Melalui mereka Anda bisa belajar tertawa dan bertanggung jawab. Memiliki hewan peliharaan juga bisa membuat Anda lebih berbahagia.

Related posts