Dachshund Si Pelacak Musang

Dachshund Si Pelacak Musang

daftaranjingsetia.web.id Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Dachshund Si Pelacak Musang. Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Dachshund Si Pelacak Musang

Berbicara mengenai ras anjing memang selalu ada saja yang menarik, salah satunya ras Dachshund. Ras Dachshund memiliki ciri berupa kaki yang pendek dan tubuhnya yang memanjang. Awal mula ras ini dapat ditelusuri pada tahun 1600an.Pada zaman tersebut, ras ini digunakan untuk berburu dan melacak hewan terutama musang. Kini, ras Dachshund menjadi salah satu yang populer di AS dan dapat Anda temukan di ladang-ladang sebagai teman berburu maupun di rumah sebagai hewan peliharaan keluarga.

Karakteristik Fisik
Dachshund memiliki karakteristik fisik yang unik berupa tubuhnya yang panjang dan pendek. Berkat fisik tersebut, anjing Dachshund mudah untuk bergerak dan masuk ke dalam terowongan dengan mudah.Eksistensinya juga semakin dikenal berkat kekuatan staminanya yang baik, kemudahannya dalam bergerak, juga ketangkasannya. Penampilannya cukup atletis dengan bentuk otot-ototnya yang kuat tanpa kelihatan besar, juga pinggangnya yang sedikit meruncing.Berkat bentuk tubuhnya yang langsing itulah, Dachshund dijadikan sebagai simbol Olimpiade Musim Panas pada tahun 1972 di Munich. Telinga Dachshund melengkung ke depan dan membantu melindungi saluran telinga dari benda-benda asing. Tak hanya telinga, ekor Dachshund juga melengkung sebagai tanda oleh pemburu yang tertinggal.

Sampai saat ini, diketahui ada tiga ukuran anjing Dachshund dimana masing-masing ukurannya tersebut ditujukan sesuai jenis mangsa. Anjing Dachshund yang lebih besar, beratnya dari 30 sampai 35 pound untuk berburu musang dan babi hutan.Anjing Dachshund berukuran standar dengan berat 16 sampai 22 pound untuk berburu musang, rubah, dan kelinci. Terakhir, anjing Dachshund berukuran kecil atau miniatur dengan berat dibawah 11 pound sebagai hewan peliharaan.Selain dikategorikan berdasarkan ukurannya, anjing Dachshund juga dibedakan menjadi tiga berdasarkan jenis mantel atau bulunya yaitu lurus atau bergelombang, pendek dan mengkilap, serta rambut yang keras, tebal dan kencang.Terlepas dari jenis mantelnya, seluruh sifat mantel tersebut memberikan perlindungan dari cuaca yang ekstrim. Uniknya lagi, anjing ini selalu memiliki ekspresi yang menyenangkan lho!

Kepribadian dan Temperamen
Bukan anjing ras namanya jika tidak memiliki karakter yang bagus. Nah, anjing Dachshund memiliki kepribadian yang berani, suka berpetualang, hobi menggali, berburu, permainan, melacak suatu hal dengan aroma. Ketahuilah, anjing Dachshund adalah kombinasi dari terrier dan hound.Jika Anda terbiasa membiarkan anjing Dachshund bersama dengan anak-anak, sebaiknya tetap selalu dalam pengawasan. Hal ini penting karena Dachshund terkadang tidak memiliki kesabaran.

Baca Juga : Coonhound Si Anjing Pekerja

Terhadap orang asing pun anjing Dachshund tidak terlalu berbahaya. Malah sikapnya cenderung pendiam, pemalu dan terkadang menggeram. Apabila ada tanda bahaya yang menyerang keluarga, Dachshund akan bergerak cepat melawannya.Perlu Anda tahu, varietas Dachshund yang berambut kawat dikenal lebih berani ketimbang yang berambut panjang. Sedangkan varietas miniatur juga lebih malu-malu dengan orang asing. Selain sifatnya yang perhatian dan protektif, suara anjing Dachshund yang keras sering menjadi alasan sebagai pengawas yang ideal.Ukurannya yang kecil menjadikan anjing Dachshund mampu beradaptasi di lingkungan apartemen. Namun, pastikan latihan rutin selalu dilakukan untuk menghabiskan energinya. Misalnya permainan fisik di halaman maupun berjalan tali harian. Ras Dachshund juga dikenal menyukai permainan tangkapan lho!

Kesehatan
Jenis anjing Dachshund memiliki usia hidup rata-rata 12 sampai dengan 14 tahun. Selama hidupnya, ada beberapa riwayat penyakit yang sering diderita yaitu torsi lambung, tuli, kejang, patela, KCS, dan lainnya. Untuk itu, pastikan untuk memeriksakannya ke dokter ketika terlihat gejala tak wajar pada anjing Dachshund.

Sejarah dan Latar Belakang
Anjing ini pertama kali disebutkan dalam buku-buku anjing abad ke-18. Jenis Dachshund disebut sebagai Badger Dog, Little Burrow Dog, Dacksel atau jenis “kaki bengkok rendah”. Kata Dachshund berasal dari bahasa Jerman yang secara harfiah berarti “anjing luwak.”Nama ini diberikan karena anjing ini berfungsi memusnahkan musang, sekalipun juga sangat terampil berburu mangsa lain, seperti rubah dan kelinci. Kemampuan anjing ini untuk masuk lubang sangat hebat.Dachshund juga sering dipakai saat berburu babi hutan. Anjing ini pemberani dan siap bertarung menghadapi lawannya.

Related posts